analisis listing program kalkulator sederhana 19G

24 Nov

Public Class Form1

    Dim Angka, Hasil As Double

    Const phi As Double = 22 / 7

    Dim Rumus As String

(memberikan nilai phi sebesar 22/7 dengan tipe data double, mendeklarasikan variabel angka dan hasil sebagai double, serta variabel rumus rumus sebagai string)

     Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click

        If TextBox1.Text = “” Then

            TextBox1.Text = “1”

        Else

            TextBox1.Text = TextBox1.Text & “1”

        End If

    End Sub

(button1 merupakan button yang akan memunculkan nilai 1 apabila diklik. Jika pada textbox1 kosong dan button1 diklik, maka textbox1 akan diisi dengan nilai 1 (satu) sebanyak satu digit. Selain pada kondisi di atas, angka 1 akan tetap bisa muncul setelah angka yang ada di textbox1 apabila kita mengklik button1).

     Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click

        If TextBox1.Text = “” Then

            TextBox1.Text = “2”

        Else

            TextBox1.Text = TextBox1.Text & “2”

        End If

    End Sub

(button2 merupakan button yang akan memunculkan nilai 2 apabila diklik. Jika pada textbox1 kosong dan button2 diklik, maka textbox1 akan diisi dengan nilai 2 (dua) sebanyak satu digit. Selain pada kondisi di atas, angka 2 akan tetap bisa muncul setelah angka yang ada di textbox1 apabila kita mengklik button2).

   Private Sub Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button3.Click

        If TextBox1.Text = “” Then

            TextBox1.Text = “3”

        Else

            TextBox1.Text = TextBox1.Text & “3”

        End If

    End Sub

(button3 merupakan button yang akan memunculkan nilai 3 apabila diklik. Jika pada textbox1 kosong dan button3 diklik, maka textbox1 akan diisi dengan nilai 3 (tiga) sebanyak satu digit. Selain pada kondisi di atas, angka 3 akan tetap bisa muncul setelah angka yang ada di textbox1 apabila kita mengklik button3).

    Private Sub Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button4.Click

        If TextBox1.Text = “” Then

            TextBox1.Text = “4”

        Else

            TextBox1.Text = TextBox1.Text & “4”

        End If

    End Sub

(button4 merupakan button yang akan memunculkan nilai 4 apabila diklik. Jika pada textbox1 kosong dan button4 diklik, maka textbox1 akan diisi dengan nilai 4 (empat) sebanyak satu digit. Selain pada kondisi di atas, angka 4 akan tetap bisa muncul setelah angka yang ada di textbox1 apabila kita mengklik button4).

    Private Sub Button5_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button5.Click

        If TextBox1.Text = “” Then

            TextBox1.Text = “5”

        Else

            TextBox1.Text = TextBox1.Text & “5”

        End If

    End Sub

(button5 merupakan button yang akan memunculkan nilai 5 apabila diklik. Jika pada textbox1 kosong dan button5 diklik, maka textbox1 akan diisi dengan nilai 5 (lima) sebanyak satu digit. Selain pada kondisi di atas, angka 5 akan tetap bisa muncul setelah angka yang ada di textbox1 apabila kita mengklik button5).

    Private Sub Button6_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button6.Click

        If TextBox1.Text = “” Then

            TextBox1.Text = “6”

        Else

            TextBox1.Text = TextBox1.Text & “6”

        End If

    End Sub

(button6 merupakan button yang akan memunculkan nilai 6 apabila diklik. Jika pada textbox1 kosong dan button6 diklik, maka textbox1 akan diisi dengan nilai 6 (enam) sebanyak satu digit. Selain pada kondisi di atas, angka 6 akan tetap bisa muncul setelah angka yang ada di textbox1 apabila kita mengklik button6).

    Private Sub Button7_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button7.Click

        If TextBox1.Text = “” Then

            TextBox1.Text = “7”

        Else

            TextBox1.Text = TextBox1.Text & “7”

        End If

    End Sub

(button7 merupakan button yang akan memunculkan nilai 7 apabila diklik. Jika pada textbox1 kosong dan button7 diklik, maka textbox1 akan diisi dengan nilai 7 (tujuh) sebanyak satu digit. Selain pada kondisi di atas, angka 7 akan tetap bisa muncul setelah angka yang ada di textbox1 apabila kita mengklik button7).

     Private Sub Button8_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button8.Click

        If TextBox1.Text = “” Then

            TextBox1.Text = “8”

        Else

            TextBox1.Text = TextBox1.Text & “8”

        End If

    End Sub

(button8 merupakan button yang akan memunculkan nilai 8 apabila diklik. Jika pada textbox1 kosong dan button8 diklik, maka textbox1 akan diisi dengan nilai 8 (delapan) sebanyak satu digit. Selain pada kondisi di atas, angka 8 akan tetap bisa muncul setelah angka yang ada di textbox1 apabila kita mengklik button8).

    Private Sub Button9_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button9.Click

        If TextBox1.Text = “” Then

            TextBox1.Text = “9”

        Else

            TextBox1.Text = TextBox1.Text & “9”

        End If

    End Sub

(button9 merupakan button yang akan memunculkan nilai 9 apabila diklik. Jika pada textbox1 kosong dan button9 diklik, maka textbox1 akan diisi dengan nilai 9 (sembilan) sebanyak satu digit. Selain pada kondisi di atas, angka 9 akan tetap bisa muncul setelah angka yang ada di textbox1 apabila kita mengklik button9).

     Private Sub Button10_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button10.Click

        If TextBox1.Text = “” Then

            TextBox1.Text = “0”

        Else

            TextBox1.Text = TextBox1.Text & “0”

        End If

    End Sub

(button10 merupakan button yang akan memunculkan nilai 0 apabila diklik. Jika pada textbox1 kosong dan button10 diklik, maka textbox1 akan diisi dengan nilai 0 (nol) sebanyak satu digit. Selain pada kondisi di atas, angka 0 akan tetap bisa muncul setelah angka yang ada di textbox1 apabila kita mengklik button10).

     Private Sub Button11_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button11.Click

        If TextBox1.Text = “” Then

            TextBox1.Text = “.”

        Else

            TextBox1.Text = TextBox1.Text & “.”

        End If

    End Sub

(button11 merupakan button yang akan memunculkan . (koma pada angka desimal) apabila diklik. Jika pada textbox1 kosong dan button11 diklik, maka textbox1 akan diisi dengan tanda . (koma pada angka desimal) sebanyak satu digit. Selain pada kondisi di atas, maka tanda . (koma pada angka desimal) akan tetap bisa muncul setelah angka maupun tanda baca lain yang ada di textbox1 apabila kita mengklik button11).

     Private Sub Button12_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button12.Click

        If Angka = Nothing Then

            Angka = Val(TextBox1.Text)

        Else

            Angka = Angka + Val(TextBox1.Text)

        End If

        Rumus = “+”

        TextBox1.Text = Nothing

    End Sub

(button12 merupakan button yang akan mengoperasikan angka yang dimasukkan oleh user ke textbox1 dengan operator aritmetika + (jumlah). Jika tidak ada angka yang dimasukkan, maka peubah angka bernilai sama dengan nilai yang ada di textbox1. Jika tidak memenuhi kondisi tersebut, maka peubah angka akan diisi dengan angka pertama yang dimasukkan oleh user kemudian ditambah dengan angka kedua yang juga dimasukkan oleh user).

     Private Sub Button13_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button13.Click

        If Angka = Nothing Then

            Angka = Val(TextBox1.Text)

        Else

            Angka = Angka – Val(TextBox1.Text)

        End If

        Rumus = “-“

        TextBox1.Text = Nothing

    End Sub

(button13 merupakan button yang akan mengoperasikan angka yang dimasukkan oleh user ke textbox1 dengan operator aritmetika – (kurang). Jika tidak ada angka yang dimasukkan, maka peubah angka bernilai sama dengan nilai yang ada di textbox1. Jika tidak memenuhi kondisi tersebut, maka peubah angka akan diisi dengan angka pertama yang dimasukkan oleh user kemudian dikurangi dengan angka kedua yang juga dimasukkan oleh user).

     Private Sub Button14_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button14.Click

        If Angka = Nothing Then

            Angka = Val(TextBox1.Text)

        Else

            Angka = Angka * Val(TextBox1.Text)

        End If

        Rumus = “*”

        TextBox1.Text = Nothing

    End Sub

(button14 merupakan button yang akan mengoperasikan angka yang dimasukkan oleh user ke textbox1 dengan operator aritmetika * (kali). Jika tidak ada angka yang dimasukkan, maka peubah angka bernilai sama dengan nilai yang ada di textbox1. Jika tidak memenuhi kondisi tersebut, maka peubah angka akan diisi dengan angka pertama yang dimasukkan oleh user kemudian dikalikan dengan angka kedua yang juga dimasukkan oleh user).

     Private Sub Button15_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button15.Click

        If Angka = Nothing Then

            Angka = Val(TextBox1.Text)

        Else

            Angka = Angka / Val(TextBox1.Text)

        End If

        Rumus = “/”

        TextBox1.Text = Nothing

    End Sub

(button15 merupakan button yang akan mengoperasikan angka yang dimasukkan oleh user ke textbox1 dengan operator aritmetika / (bagi). Jika tidak ada angka yang dimasukkan, maka peubah angka bernilai sama dengan nilai yang ada di textbox1. Jika tidak memenuhi kondisi tersebut, maka peubah angka akan diisi dengan angka pertama yang dimasukkan oleh user kemudian dibagi dengan angka kedua yang juga dimasukkan oleh user).

    Private Sub Button16_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button16.Click

        TextBox1.Text = Nothing

        Angka = Nothing

        Hasil = Nothing

        Rumus = Nothing

    End Sub

(button16 merupakan button yang apabila diklik akan menghapus seluruh angka maupun  operasi yang telah dilakukan sebelumnya. Button ini biasa dikenal dengan clear button).

    Private Sub Button17_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button17.Click

        TextBox1.Text = Math.Sin(TextBox1.Text * (phi / 180))

    End Sub

(button17 merupakan button yang digunakan untuk mengoperasikan angka dengan operator sinus. Sehingga apabila button17 diklik maka akan mengoperasikan angka yang ada pada textbox1 dengan operator sinus).

     Private Sub Button18_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button18.Click

        TextBox1.Text = Math.Cos(TextBox1.Text * (phi / 180))

    End Sub

(button18 merupakan button yang digunakan untuk mengoperasikan angka dengan operator cosinus. Sehingga apabila button18 diklik maka akan mengoperasikan angka yang ada pada textbox1 dengan operator cosinus).

    Private Sub Button19_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button19.Click

        TextBox1.Text = Math.Tan(TextBox1.Text * (phi / 180))

    End Sub

(button19 merupakan button yang digunakan untuk mengoperasikan angka dengan operator tangen. Sehingga apabila button19 diklik maka akan mengoperasikan angka yang ada pada textbox1 dengan operator tangen).

    Private Sub Button20_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button20.Click

        If Angka = Nothing Then

            Angka = Val(TextBox1.Text)

        Else

            Angka = Angka ^ Val(TextBox1.Text)

        End If

        Rumus = “^”

        TextBox1.Text = Nothing

    End Sub

(button20 merupakan button yang akan mengoperasikan angka yang dimasukkan oleh user ke textbox1 dengan operator aritmetika ^ (pangkat). Jika tidak ada angka yang dimasukkan, maka peubah angka bernilai sama dengan nilai yang ada di textbox1. Jika tidak memenuhi kondisi tersebut, maka peubah angka akan diisi dengan angka pertama yang dimasukkan oleh user kemudian dipangkatkan dengan angka kedua yang juga dimasukkan oleh user).

    Private Sub Button24_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button24.Click

        TextBox1.Text = Math.Sqrt(TextBox1.Text)

    End Sub

(button24 merupakan button yang digunakan untuk mengoperasikan angka dengan operator akar kuadrat. Sehingga apabila button24 diklik maka akan mengakar kuadratkan angka yang ada di textbox1).

    Private Sub Button21_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button21.Click

        If Rumus = “+” Then

            TextBox1.Text = Angka + Val(TextBox1.Text)

(jika rumus + maka textbox1 akan diisi dengan nilai yang ada di peubah angka dijumlahkan dengan nilai yang ada di textbox1).

        ElseIf Rumus = “-” Then

            TextBox1.Text = Angka – Val(TextBox1.Text)

(jika rumus – maka textbox1 akan diisi dengan nilai yang ada di peubah angka dikurangkan dengan nilai yang ada di textbox1).

        ElseIf Rumus = “*” Then

            TextBox1.Text = Angka * Val(TextBox1.Text)

(jika rumus * maka textbox1 akan diisi dengan nilai yang ada di peubah angka dikalikan dengan nilai yang ada di textbox1).

        ElseIf Rumus = “/” Then

            TextBox1.Text = Angka / Val(TextBox1.Text)

(jika rumus / maka textbox1 akan diisi dengan nilai yang ada di peubah angka dibagi dengan nilai yang ada di textbox1).

        ElseIf Rumus = “^” Then

            TextBox1.Text = Angka ^ Val(TextBox1.Text)

(jika rumus ^ maka textbox1 akan diisi dengan nilai yang ada di peubah angka dipangkatkan dengan nilai yang ada di textbox1).

        End If

    End Sub

(jadi button21 merupakan button sama dengan atau akan menampilkan hasil dari perhitungan apabila diklik).

    Private Sub Button23_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button23.Click

        TextBox1.Enabled = False

        Button1.Enabled = False

        Button2.Enabled = False

        Button3.Enabled = False

        Button4.Enabled = False

        Button5.Enabled = False

        Button6.Enabled = False

        Button7.Enabled = False

        Button8.Enabled = False

        Button9.Enabled = False

        Button10.Enabled = False

        Button11.Enabled = False

        Button12.Enabled = False

        Button13.Enabled = False

        Button14.Enabled = False

        Button15.Enabled = False

        Button16.Enabled = False

        Button17.Enabled = False

        Button18.Enabled = False

        Button19.Enabled = False

        Button20.Enabled = False

        Button21.Enabled = False

        Button23.Enabled = False

        Button24.Enabled = False

    End Sub

(button23 merupakan button off yang apabila diklik akan membuat program kalkulator 19G tidak akan dapat dioperasikan, tetapi program masih dalam keadaan dijalankan).

    Private Sub Button22_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button22.Click

        TextBox1.Enabled = True

        Button1.Enabled = True

        Button2.Enabled = True

        Button3.Enabled = True

        Button4.Enabled = True

        Button5.Enabled = True

        Button6.Enabled = True

        Button7.Enabled = True

        Button8.Enabled = True

        Button9.Enabled = True

        Button10.Enabled = True

        Button11.Enabled = True

        Button12.Enabled = True

        Button13.Enabled = True

        Button14.Enabled = True

        Button15.Enabled = True

        Button16.Enabled = True

        Button17.Enabled = True

        Button18.Enabled = True

        Button19.Enabled = True

        Button20.Enabled = True

        Button21.Enabled = True

        Button22.Enabled = True

        Button23.Enabled = True

        Button24.Enabled = True

    End Sub

(button22 merupakan button on yang apabila diklik akan membuat program kalkulator 19G dapat dioperasikan kembali, tanpa harus menutup program dan menjalankannya kembali).

     Private Sub Button25_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button25.Click

        If MsgBox(“Keluar dulu ya”) Then

            Close()

        End If

    End Sub

(button25 merupakan button yang apabila diklik akan memunculkan message box “keluar dulu ya” kemudian menutup program yang ada).

    Private Sub Button26_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button26.Click

        Angka = -1 * Val(TextBox1.Text)

TextBox1.Text = Angka

    End Sub

(button26 merupakan button untuk memberikan tanda negatif pada angka di textbox1 atau membalikkan angka pada textbox1 menjadi positif lagi).

    Private Sub Button27_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button27.Click

        If Angka = Nothing Then

            Angka = Val(TextBox1.Text)

        Else

            Angka = 1 / Val(TextBox1.Text)

        End If

        Rumus = “1/Val(TextBox1.Text)”

        TextBox1.Text = Nothing

    End Sub

(button27 merupakan button yang akan mengoperasikan angka yang dimasukkan oleh user ke textbox1 dengan operator aritmetika satu per (satu dibagi). Jika tidak ada angka yang dimasukkan, maka peubah angka bernilai sama dengan nilai yang ada di textbox1. Jika tidak memenuhi kondisi tersebut, maka peubah angka akan diisi dengan bilangan satu (1) dibagi dengan angka yang dimasukkan oleh user).

    Private Sub Button28_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button28.Click

TextBox1.Text = TextBox1.Text / 100

End Sub

End Class

(button28 merupakan button untuk mengkonversi angka di textbox1 menjadi persen atau per seratus).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: